WELCOME TO MY BLOG

Minggu, 09 Mei 2010

Tehnik Massage pada bayi

A. PELAKSANAAN
1. Persiapan
a. Alat
1) Suhu ruangan hangat
2) Pakai alas yang lunak, lembut dan nyaman (Handuk/selimut)
3) Singkirkan dari hal-hal yang mengganggu
4) Siapkan bedak atau minyak

b. Bayi
1) Diberikan diantara waktu makan
2) Bagi bayi baru lahir diletakkan dipangkuan
3) Biarkan bayi bergerak bebas
4) Pastikan posisi bayi rileks
5) Hendaknya jangan diberikan sebelum tali pusat lepas
6) Bayi umur 1 – 3 bulan diberikan secara ringan dengan waktu singkat, usia 3 bulan – 3 tahun diberikan dengan tekanan dan waktu yang lebih meningkat selama 15 menit

c. Pelaksanaan
1) Kuku tangan dipastikan cukup pendek
2) Lemaskan tangan dan ambillah nafas yang dalam.
3) Ajak bayi berbicara atau putarkan musik saat pelaksanaan.
4) Jagalah kesabaran
5) Nikmati kegiatan saat pelaksanaan
6) Lumurkan minyak atau bedak sesering mungkin saat pelaksanaan
7) Mulailah gerakan membuka dengan sentuhan ringan di wajah atau usaplah rambutnya
8) Sebaiknya dimulai dari kaki, perut, dada, tangan, muka dan diakhiri punggung
9) Lakukan gerakan 3 – 5 kali

2. Cara Melakukan Massage Bayi
a. Kaki
1) Tungkai Bawah
a) Peganglah kaki bayi pada pangkal paha dan pergelangan kaki, kemudian gerakkan tangan ke pergelangan kaki secara bergantian atau gunakan kedua tangan secara bersamaan mulai dari pangkal paha ke ke pergelangan kaki dengan gerakan memeras, mimijit dan memutar kedua kaki secara lembut.
b) Selanjutnya gerakkan tangan secara bergantian dari pergelangan kaki ke pangkal paha.
2) Telapak Kaki
Urutlah telapak kaki bayi dengan kedua ibu jari tangan secara bergantian, dimulai dari tumit kaki menuju ke jari kaki atau buat lingkaran-lingkaran kecil dengan kedua ibu jari secara bersamaan pada seluruh telapak kaki dimulai dari tumit.
3) Jari-Jari
Pijat jari-jari kaki satu persatu dengan gerakan memutar menjauhi telapak kaki dan diakhiri dengan tarikan lembut pada setiap ujung jari
4) Punggung Kaki

Dengan kedua ibu jari, buat lingkaran di sekitar kedua mata kaki sebelah dalam dan luar, kemudian urutlah seluruh punggung kaki dengan kedua ibu jari secara bergantian dari pergelangan kaki kearah jari-jari atau buatlah gerakan melingkar dari mata kaki ke jari kaki.
5) Gerakan Menggulung
Pegang pangkal paha dengan kedua tangan, kemudian buatlah gerakan menggulung dari pangkal paha ke pergelangan kaki
6) Gerakan Akhir
Setelah gerakan 1 – 5 dilakukan pada kaki kanan dan kiri, maka lakukan gerakan akhir dengan cara ; rapatkan kedua kaki bayi, lalu letakkan kedua tangan anda secara bersamaan pada pangkal paha, kemudian usaplah dengan halus kedua kaki bayi dari atas ke bawah.

b. Perut
Untuk daerah perut hindari pemijatan pada tulang rusuk atau ujung tulang rusuk.
1) Mengayuh Pedal Sepeda
Lakukan gerakan seperti mengayuh pedal sepeda dari atas ke bawah perut, bergantian dengan tangan kanan dan kiri.
2) Menekan Perut
Tekuk lutut bayi secara bersamaan dengan lembut ke permukaan perut bayi atau secara bergantian dimulai dengan lutut kanan dan dilanjutkan lutut kiri.
3) Bulat – Matahari
Buatlah lingkaran dengan ujung-ujung jari tangan kanan mulai dari perut sebelah kanan bawah (daerah usus buntu) sesuai arah jarum jam, kemudian kembali ke daerah kanan bawah (seperti bentuk bulan sabit), diikuti oleh tangan kiri yang selalu membuat bulatan penuh (seperti bentuk matahari)
4) Jam
Cara lainnya dengan membayangkan ada gambar lingkaran jarum jam pada perut bayi. Bagian atas perut bayi dianggap jam 12, bagian paling bawah dianggap jam 6 kemudian buatlah lingkaran searah jarum jam dengan tangan kanan anda dibantu tangan kiri dimulai pada jam 8 (daerah susu buntu)

5) Gerakan I Love You
“ I “ : Pijatlah perut bayi mulai dari bagian kiri atas ke bawah dengan menggunakan jari-jari tanan kanan seolah membentuk huruf “I”.
“ LOVE “ : Bentuk hurul “L” terbalik, dengan melakukan pemijatan dari kanan atas perut bayi ke kiri atas dan kemudian ke kiri bawah.
“ YOU “ : Bentuk huruf “ U “ terbalik, dimulai dari kanan bawah (daerah usus buntu) ke atas kemudian ke kiri, ke bawah dan berakhir di perut kiri bawah.
6) Gelembung
Letakkan ujung-ujung jari pada perut bayi dibagian kanan bawah dan buatlah gerakan dengan tekanan sesuai arah jarum jam dari kanan bawah ke kiri bawah guna memindahkan gelembung-gelembung udara.

c. Dada
1) Buku Tua
Dengan kedua telapak tangan buatlah gerakan dari tengah dada ke samping luar seolah meratakan kertas pada buku tua.
2) Jantung Besar dan Kupu-Kupu
Buatlah gerakan yang membentuk gambar jantung dengan meletakkan ujung-ujung jari kedua tangan anda di ulu hati. Kemudian buatlah gerakan ke atas sampai di bawah leher, kemudian kesamping di atas tulang selangka, lalu ke bawah kembali ke lu hati seolah membuat gambar jantung.
Gerakan dilanjutkan dengan membuat gambar kupu-kupu, dimulai dengan tangan kanan yang memijat menyilang dari ulu hati ke arah bahu kanan dan kembali ke ulu hati, kemudian dengan tangan kiri ke bahu kiri dan kembali ke ulu hati.
3) Jantung Kecil
Buatlah gerakan seperti gambar jantung kecil di sekitar putting susu.
4) Burung Kecil
Buatlah gambar jantung besar hingga ke tepi selangka, kemudian dengan jari-jari tangan yang diregangkan buatlah gerakan seolah membuat gambar sayap burung kecil dimulai dari samping dada ke atas.

d. Tangan
1) Tungkai Atas
Pegang lengan bayi dengan kedua telapak tangan mulai dari pundak, seperti memegang sepotong kayu, gerakkan tangan kanan dan kiri ke bawah secara bergantian dan berulang-ulang seolah memerah susu sapi atau dengan kedua tangan lakukan gerakan memeras, memijat dan memutar secara lembut pada lengan bayi mulai dari pundak ke pergelangan tangan.
Kemudian lakukan pijatan mulai dari pergelangan tangan ke arah badan untuk mengalirkan darah ke jantung, dengan cara menggerakkan tangan kanan dan kiri bergantian mulai dari pergelangan kea rah pundak atau dengan gerakan memeras, memutar dan memijat secara lembut pada lengan bayi dari pergelangan ke pundak.
2) Telapak Tangan
Kedua ibu jari memijat telapak tangan seolah-olah membuat lingkaran kecil dari pergelangan kea rah jari-jari sedangkan keempat jari lainnya memijat punggung tangan.
3) Jari
Pijat jari bayi satu persatu menuju ujung jari dengan gerakan memutar dan akhiri dengan tarikan lembut pada tiap ujung jari.
4) Gerakan Menggulung
Pegang lengan bayi bagian atas/bahu dengan kedua telapak tangan, bentukgerakan menggulung dari pangkal lengan menuju pergelangan tangan/jari-jari.
5) Gerakan akhir
Setalah gerakan 1 -5 dilakukan pada tangan kanan dan kiri bayi, lakukan gerakan akhir ; rapatkan kedua lengan bayi pada badannya, usap dengan lembut kedua lengan bayi dengan kedua tangan anda secara bersamaan dari pundak sampai ke pergelangan tangan.

e. Muka
1) Membasuh Muka
Tutuplah wajah bayi dengan kedua telapak tangan anda dengan lembut sambil berbicara pada bayi secara halus. Gerakkan kedua tangan anda kesamping pada kedua sisi wajah bayi seperti gerakan membasuh muka.
2) Dahi ; Menyetrika Dahi
Letakkan jari-jari kedua tangan anda pada pertengahan dahi, Tekankan jari-jari anda denagn lembut mulai dari dahi bayi ke arah samping kanan dan kiri seolah menyetrika dahi. Setelah itu, gerakkan ke bawah ke daerah pelipis dan buatlah lingkaran-lingkaran kecil di pelipis kemudian gerakkan ke arah dalam melalui daerah pipi di bawah mata.
3) Alis ; Menyetrika Alis
Letakkan kedua ibu jari anda diantara kedua alis mata. Lalu pijat bagian atas mata/alis mulai dari lengan ke samping seperti menyetrika alis.
4) Hidung ; Senyum Pertama
Letakkan kedua ibu jari anda diantara kedua alis, tekanlah ibu jari anda dari pertengahan kedua alis turun melalui tepi hidung ke arah pipi kemudian gerakkan kesamping dan ke atas seolah membuat bayi tersenyum.
5) Rahang Atas ; Senyum
Letakkan kedua ibu jari anda pada pertengahan rahang atas atau di atas mulut di bawah sekat hidung, gerakkan kedua ibu jari dari tengah kesamping dan ke atas ke daerah pipi seolah-membuat tersenyum.
6) Dagu/Rahang Bawah Senyum
Letakkan kedua ibu jari di tengah dagu. Tekan kedua ibu jari pada dagu, lalu gerakkan dari tengah ke samping kemudian ke atas seolah membuat bayi tersenyum.
7) Belakang Telinga
Gerakkan kedua tangan anda dari belakang kedua telinga ke tengah dagu. Atau beri tekanan lembut dengan jari-jari kedua tangan anda dari belakang telinga membentuk lingkaran-lingkaran kecil ke seluruh kepala.

f. Punggung
1) Gerakan Maju Mundur : Kuda Goyang
Bayi tengkurap dengan kepala disebelah kiri dan kaki di sebelah kanan anda. Pijatlah denan gerakan maju mundur menggunakan kedua telapak tangan di sepanjang punggung bayi, dari bawah leher sampai ke pantat bayi.
2) Gerakan Menyetrika
Lakukan usapan dengan telapak tangan kanan anda, menyerupai gerakan menyetrika, dimulai dari pundak ke bawah sampai ke pantat.
3) Gerakan Melicinkan Kertas
Bayi tengkurap denagn kaki mengarah kepada anda, letakkan kedua telapak tangan anda pada pantat bayi, kemudian usaplah kedua sisi tulang belakang dengan lembut mulai dari pantat ke atas sampai ke bahu
4) Gerakan Melingkar
Buatlah gerakan melingkar kecil-kecil dengan jari-jari kedua tangan anda mulai dari batas leher atas turun ke bawah sampai batas leher bawah, kemudia ke samping menyusuri bahu kanan dan kiri. Setalah itu, Lanjutkan dengan gerakan dari batas leher bawah turun ke bawah di sebelah kanan dan kiri tulang punggung sampai ke pantat.
5) Gerakan Menggaruk
Tekankan dengan lembut kelima jari-jari tangan kanan anda pada punggung bayi, kemudian buat gerakan seperti menggaruk ke bawah memanjang sampai ke pantat bayi.

0 comments:

Syahadatan

Anda Adalah Pengunjung Ke :

Menurut kamu...Apakah Perawat semuanya harus menguasai IT dan Bahasa Asing ( Bhs. inggris )

kompetisi Blog IT Ners

ITNCBC 2010







[
]

Terima Kasih






Template by - Usman ohorella - 2010 - layout4all